Diposting oleh nn2011 pada 02 Februari 2012 19:21:08 WIB
Kategori : Artikel - dibaca 2411 kali
OUTDOOR LEARNING KEGIATAN Proses Belajar Mengajar (PBM) pada umumnya dilaksanakan dalam kelas di waktu pagi sampai siang hari sudah sering kita jumpai. Bahkan beberapa lembaga pendidikan melaksanakan hal ini sudah sejak masa lampau. Namun saat ini sudah banyak juga kita temui proses KBM yang dilaksanakan siang sampai sore hari atau bahkan PBM yang dilaksanakan di luar kelas (baca: outdoor). Materi ajar yang disampaikan pada para siswa baik itu dilaksanakan pada pagi atau sore hari, di dalam amaupun di luar kelas, tetap bertujuan agar para siswa dapat menerapkan sisi keilmuan dalam dunia nyata. Kegiatan PBM diharapkan dapat menyentuh langsung pada diri pribadi siswa sebagai subjek peserta didik. Untuk itulah pada hari kamis, 2 Februari 2012 SMP negeri 2 Rembang mengadakan kegiatan pembelajaran outdoor di Keluarga Sehat Hospital (KSH) dan pabrik kacang Dua Kelinci, keduanya terletak di kota Pati Jawa Tengah. Sebanyak lebih kurang 200 siswa kelas 7.1 s.d. 7.8 dengan 10 guru pendamping para siswa antusias mengikuti seluruh kegiatan Hospital Tour di KSH dan Dua Kelinci Tour. Sambutan hangat, akrab, dan luar biasa dari pihak tuan rumah membuat para siswa semakin bersemangat. Kegiatan diawali di KSH. Berangkat dari halaman sekolah pukul 07.30 sampai di kota Pati pukul 08.30 rombongan langsung disambut oleh direktur KSH Bp. Dr. H.  Aris Munandar, MKes, MMR, MBA beserta staf. Acara penerimaan dilangsungkan di ruang pertemuan KSH Pati Jalan Margorejo 9 Pati. Presentasi disampaiakn secara bergantian oleh petugas, sambutan dari SMP 2 Rembang disampaiakn oleh Bapak Drs. Dahlan Slamet. Setelah mendapat penjelasan singkat, para siswa yang dibagi dalam kelompok (tiap kelompok 15 siswa didampingi 1 guru) langsung menuju ke lokasi KSH. Para siswa dapat secara bebas menanyakan seluk beluk tentang dunia kesehatan (rumah sakit) mulai dari kepegawaian, sarana-prasarana, hingga alat-alat yang canggih. Disamping itu juga ditanamkan rasa empati terhadap para penderita (pasien). Setelah berwisata rumah sakit acara dilanjutkan dengan doorprise dan penyampaian kesan pesan. Sebagai penutup rangkaian acara di KSH para siswa dan guru berfoto bersama dengan para pendamping dari KSH di depan gedung utama KSH.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke pabrik kacang Dua Kelinci. Pabrik ini berjarak kurang lebih 5 KM dari KSH dan berada di perbatasan Kab. Pati dan Kab. Kudus. Rombongan diterima oleh staf perusahaan di ruang pertemuan, dan didahului dengan penjelasan tentang sejarah dan proses produksi kacang Dua Kelinci. Para siswa rupanya masih antusias mengikuti jalannya kegiatan yang menyusuri seluruh kegiatan produksi mulai dari pembersihan kacang, merebus, oven, pengeringan hingga pengepakan. dari kegiatan ini para siswa diharapkan mengetahui secara langsung mata rantai proses produksi barang yang setiap hari produknya banyak dijumpai di pasaran di sekitar tempat tinggal, hiungga barang sampai di tangan konsumen. pada akhir kegiatan rombongan berbelanja di mini market di depan pabrik. Di dalam mini market yang sekaligus juga sebagai showroom ini kita dapat saksikan kelinci bertanduk yang sudah diawetkan.

Seluruh rangkaian kegiatan outdoor ini membuat para siswa mendapat pengalaman dan pengetahuan baru. dan setelah cukup rombongan pulang ke Rembang menuju sekolah tercinta dengan membawa sejuta kenganan. Bravo SMP 2 Rembang, SMP 2 Rembang memang luar biasa.
Share/Bookmark
Komentar
Day Milovich  | 22 Februari 2012
SUARA REMBANG adalah penyaji berita Rembang paling lengkap dan terkini. Bisa dimanfaatkan sebagai media promosi produk bisnis Anda.
SEO  | 26 April 2012
artikelnya keren2... ijin menyimak pak bos...
Tulis Komentar
Nama
Email (tidak di publish)
Website
Komentar
 
Kode Unik
 

Agenda

    Pencarian

    Polling

    Bagaimana menurutmu pembelajaran bahasa inggris di smp negeri 2 rembang?





    Profil Guru

    Dian Indriyani, S. Pd, Lahir di Rembang pada tanggal 05 April 1975 . Saat ini beliau tinggal di : Sumberjo RT.3 RW.I Rembang. Jabatan Guru mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris. CP : , email: dian.jayanto@yahoo.com

    Download

    Slide Photo

    Kalender

      Sabtu, 26 Mei 2018  
    S M T W T F S
        1 2 3 4 5
    6 7 8 9 10 11 12
    13 14 15 16 17 18 19
    20 21 22 23 24 25 26
    27 28 29 30 31    

    Gallery

    User Statistik


    Pengunjung hari ini 77
    Total Pengunjung 43056

    Hit hari ini 253
    Total Hit 588647

    Pengunjung Online 52

    Support

    Amri Ulinnuha