You need to enable javaScript to run this app.

Jelang Ujian Sekolah, SMP Negeri 2 Rembang Adakan Sosialisasi Ujian Sekolah dan Informasi PPDB SMA/SMK

Jelang Ujian Sekolah, SMP Negeri 2 Rembang Adakan Sosialisasi Ujian Sekolah dan Informasi PPDB SMA/SMK

Sabtu, 25 Februari 2023 bertempat di Aula Barat, SMP Negeri 2 Rembang mengadakan acara Sosialisasi Ujian Sekolah dan Informasi PPDB SMA/SMK. Acara ini dihadiri oleh orang tua/wali peserta didik kelas IX. Baik kepala sekolah, para wakil kepala sekolah serta bapak/ibu wali kelas mulai kelas IX.1 s.d. kelas IX.9 juga turut hadir pada acara tersebut.

Memasuki semester 2, peserta didik khususnya kelas IX akan mulai disibukkan dengan serangkaian jadwal kegiatan akademik sekolah. Mulai dengan Penilaian Tengah Semester, Try Out ujian sekolah, Ujian praktik, Try Out Kabupaten sampai dengan ujian sekolah. Oleh karena itu, pihak sekolah perlu menginformasikan kepada orang tua/wali peserta didik agar dapat mulai lebih mengawasi dan mendampingi putra dan putrinya mempersiapkan rangkaian jadwal akademik sekolah.

“Kami selaku pihak sekolah percaya bahwa putra/putri bapak dan ibu yang bersekolah di SMP Negeri 2 Rembang sudah mulai mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum jadwal kegiatan akademik ini disampaikan. Proses pembelajaran khususnya untuk kelas IX juga sudah diarahkan untuk persiapan ujian sekolah. Harapannya putra dan putri bapak/ibu sekalian dapat lulus dengan nilai yang memuaskan,” pesan Kepala SMP Negeri 2 Rembang, Bapak Wiyono, S.Pd., M.Pd. pada saat memberikan sambutan.

Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan (sekolah), berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Tujuannya adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan.

Sosialisasi ujian sekolah disampaikan langsung oleh Waka 1 Urusan Kurikulum, Bapak Eko Wahyono, S.Pd. Adapun kriteria keluluasan dipertimbangan dari 3 (tiga) aspek yaitu menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memiliki nilai sikap minimal baik, dan lulus ujian sekolah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

“Marilah kita semua saling bekerja sama, saling bersinergi, saling bergotong royong untuk menciptakan iklim pembelajaran yang berkualitas bagi putra/putri kita, demi suksesnya pendidikan mereka semua,” demikian ujar Bapak Eko Wahyono.

Selain sosialisasi ujian sekolah, pada kesempatan yang sama pula, pihak sekolah dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Muh. Zuhrul Anam, S.Pd selaku guru BK di SMP Negeri 2 Rembang juga menyampaikan informasi terkait PPDB SMA/SMK. Mengingat waktu yang sudah mendekati akhir tahun pelajaran, maka sudah banyak sekolah terutama SMA/SMK yang membuka pendaftaran PPDB online. Beberapa SMA/SMK khususnya di Jawa Tengah telah membuka pendaftaran PPDB pada awal semester genap, namun masih banyak pula SMA/SMK yang baru memulai membuka pendaftaran PPDB sehingga masih terbuka kesempatan bagi calon peserta didik yang ingin mendaftarkan diri. Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran PPDB SMA/SMK juga masih menggunakan 4 jalur, yaitu jalur zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua (mutasi).

Di akhir acara, Bapak Wiyono kembali mengingatkan kepada orang tua/wali peserta didik kelas IX yang hadir bahwa ujian sekolah yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 harus mendapat dukungan dari orang tua. Peserta didik kelas IX akan dibekali materi-materi yang luas dan mendalam guna persiapan ujian sekolah. Bapak dan ibu guru pengampu mata pelajaran di kelas IX juga akan terus memberikan materi-materi yang terarah. SMP Negeri 2 Rembang percaya dan yakin bahwa peserta didik kelas IX akan lulus dengan nilai memuaskan sehingga dapat masuk SMA/SMK yang diidamkan sesuai pilihan masing-masing. Maka keberhasilan ujian sekolah bukan hanya hanya milik sekolah saja, tapi yang terutama adalah milik peserta didik yang didukung oleh orang tua.

Bagikan artikel ini:
Wiyono,S. Pd.,M. Pd.

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya...

Berlangganan
Banner