You need to enable javaScript to run this app.

Gerakan Penanaman & Pembibitan Bersama Espero

  • Jum'at, 03 Maret 2023
  • admin
  • 0 komentar
Gerakan Penanaman & Pembibitan Bersama Espero

Jumat,3 Maret 2023,satu minggu setelah melakukan kegiatan kebersihan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023,seluruh keluarga besar SMP Negeri 2 Rembang kembali melakukan kegiatan kebersihan dalam rangka melakukan Program Adiwiyata yang berkelanjutan.

 

Program Adiwiyata sendiri mengintegrasikan 3 prinsip dasar dalam penentuan kurikulumnya, yaitu Edukatif,Partisipatif,dan Berkelanjutan.

1. Edukatif, berarti pendidikan lingkungan meliputi berbagai pembiasan hidup berdampingan dengan alam. Hal ini diharapkan dapat mengubah pola pikir dan perilaku warga sekolah untuk menjadi manusia-manusia yang peduli dengan lingkungan,mencintai lingkungan,baik di sekolah,di rumah,maupun di masyarakat luas. 

2. Partisipatif , berarti komunitas sekolah harus terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan,pelaksanaan,dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan perannya.Partisipatif ini juga merupakan sebuah sikap yang harus ditunjukkan kepada lingkungan sekitar sekolah dari komite sampai pemerintah setempat harus dilibatkan,agar pelestarian lingkungan hidup di sekolah bisa berdampak ke lingkungan sekitar.

3. Berkelanjutan , berarti seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara berkesinambungan/komprehensif.

 

 

Contoh kegiatan yang diterapkan SMP Negeri 2 Rembang sebagai salah satu sekolah Adiwiyata diantaranya adalah kegiatan penanaman dan pembibitan yang dilakukan di green house. Kegiatan tersebut dilakukan oleh kepala sekolah, komite sekolah, wali murid, guru, tenaga kependidikan, petugas kebersihan, petugas kantin, petugas keamanan, kader adiwiyata bersama siswa-siswi kelas VII sedangkan kelas VIII dan IX mengadakan kebersihan di taman sekolah.

 

Adapun jenis tanamannya meliputi kelor (Moringa oliefera) , lidah buaya (Aloe vera) , dan sirih (Piper betle), bayam (Amaranthus) , kangkung (Ipomoea aquatica) , dan lainnya.Tujuan dari penanaman dan pembibitan tersebut adalah untuk menggantikan tanaman yang sudah tua dan mati, serta menjadikan lingkungan sekolah yang sejuk dan sehat.

 

Cintailah Lingkungan Kita

Cintailah Bumi Kita

 

#espero

#sekolahramahanak

#sekolahadiwiyata

 

Penulis :1.luthfiyyah nasywa Laila (VII.1) @luthfiyyah_nasywaa_01 2.preti mukti (VII.1) @pretimukti

Bagikan artikel ini:
Wiyono,S. Pd.,M. Pd.

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya...

Berlangganan
Banner